Minggu, 16 September 2012

Lameco, si komputer ramah lingkungan

(iameco.ie) Tim engineer dari MicroPro Computers Irlandia dan Fraunhofer Institute for Reliability and Microintegration Jerman berhasil menciptakan komputer terbuat dari kayu "Iameco" (baca: I am eco) dan langsung mendapat julukan perangkat gadget paling ramah lingkungan. Komputer ini memiliki layar sentuh, rangka kayu dan kipas pendingin yang tak menimbulkan suara. Artinya, jejak karbon komputer ini 70% lebih sedikit dibanding komputer biasa.

Frame kayu terlihat sangat cantik. Tapi bukan hanya memiliki tampilan yang cantik, karena bahan kayu merupakan bagian dari upaya tim untuk meminimalisir jumlah zat beracun yang digunakan pada produksi komputer seperti yang selama ini dilakukan. Pertimbangan lain dalam konstruksi komputer ini termasuk penggunaan heat sink tembaga pasif di tempat kipas pendingin, LED screen dikatakan dapat meningkatkan efisiensi energi dari 30-40%, dan hampir keseluruhan penggantian penghambat api halogenasi dengan bahan yang kurang beracun.

Selain itu, 98% bagian dari komputer ini dapat didaur ulang, setelah tidak lagi digunakan. Bahkan 20% bagian komputer dapat didaur ulang tanpa proses, seperti contohnya frame kayu yang bisa dengan mudah ditransfer ke komputer lain. Sebuah teknologi yang memadukan inovasi dan keselarasan dengan alam. Sayangnya hingga saat ini masih belum ada informasi mengenai ketersediaan maupun harga komputer ramah lingkungan nan cantik ini.
Sumber:  http://waspada.co.id/index.php?option=com_content&view=article&id=257252:iameco-si-komputer-ramah-lingkungan&catid=20:teknologi&Itemid=32

Tidak ada komentar:

Posting Komentar