Minggu, 09 September 2012

Sasaeng Fans, Kegilaan di Balik Hingar Bingar Dunia KPop



Jakarta - Topik sasaeng fans atau fans yang berperilaku di luar batas kembali mencuat setelah Heechul 'Super Junior' memutuskan menutup akun Twitter-nya karena kesal pada mereka. Sebenarnya, apa itu sasaeng fans?

Sasaeng berasal dari kata bahasa Korea 'sasaenghwal'. Sasaenghwal berarti privasi atau kehidupan pribadi. Di dunia KPop istilah sasaeng fans ditujukan pada "fans" yang tak menghormati kehidupan pribadi sang artis.

Di balik hingar-bingar dan teriakan histeris para fans saat menonton penampilan sang artis, ada pula fans yang menyukai mereka sampai terobsesi. Saking terobsesinya, mereka sampai melakukan hal-hal di luar batas kewajaran.

Perilaku sasaeng fans sangat beragam. Beberapa tak terbayangkan. Mereka mendedikasikan seluruh hidup mereka untuk mengikuti sang idola. Hal ini tentu mengganggu dan kadang membahayakan kehidupan sang artis.

Menunggu di depan rumah atau kantor agensi sudah terlalu biasa. Mereka terbiasa mengejar mobil artis dengan taksi, mengirim surat dengan darah menstruasi, menyelinap ke dalam rumah, bahkan tak segan memukul atau melakukan kekerasan pada artisnya sendiri.

Terakhir, bahkan seorang sasaeng berhasil memasang kamera CCTV di tempat parkir apartemen Yoochun 'JYJ' dan memamerkan hasil fotonya di berbagai forum KPop.

Tak jelas apa yang diinginkan para sasaeng fans. Yang jelas, setelah melakukan hal-hal yang bisa dibilang gila itu, mereka biasanya memamerkan "hasil perbuatan"-nya lewat blog atau media sosial lainnya. 

JYJ dan TVXQ dikenal sebagai selebriti yang paling banyak memiliki sasaeng fans. Juga Bigbang, 2PM, dan FT Island. Sebagian besar sasaeng fans dikabarkan memang berasal dari kalangan "fans" boyband. Sementara girlband kabarnya tak memiliki sasaeng fans yang benar-benar gila.

Sumber: http://hot.detik.com/music/read/2012/07/12/120548/1963571/1180/sasaeng-fans-kegilaan-di-balik-hingar-bingar-dunia-kpop

Tidak ada komentar:

Posting Komentar